Tidak peduli apa yang Anda lakukan atau di mana Anda bekerja saat ini. Setiap orang selalu
mencari cara untuk menjadi lebih produktif di tempat kerja. Untuk itu, ada beberapa kebiasaan
positif yang patut Anda tiru guna meningkatkan produktivitas kerja. Berikut adalah enam
kebiasaan produktif yang patut Anda tiru, seperti dilansir Forbes.
1. Kurangi jumlah to-do-list
Jika ingin menjadi produktif, kurangi jumlah to-do-list yang harus Anda lakukan dalam delapan
jam. Anda tidak mungkin melakukan banyak hal dalam satu waktu. Fokus pada apa yang
mungkin bisa Anda selesaikan dengan sempurna.
2. Lebih sering beristirahat
Otak akan mengalami kelelahan setelah dipakai berpikir selama beberapa jam. Pastikan
bahwa Anda lebih sering meluangkan waktu untuk me-refresh otak dan tubuh Anda dengan
pergi berjalan-jalan keluar ruangan, makan siang atau camilan, dan bermeditasi. Bekerja
tanpa istirahat justru dapat menurunkan produktivitas Anda.
3. Ikuti aturan 80/20
Hanya 20 persen dari apa yang Anda lakukan setiap hari memproduksi 80 persen dari
hasil Anda. Tinggalkan hal-hal tidak penting selama Anda bekerja. Sebagai contoh, berhenti mengecek sosial media.
4. Gunakan pagi Anda untuk fokus pada diri sendiri
Mulailah hari Anda dengan menyantap menu sarapan sehat, bermeditasi atau langsung
fokus bekerja. Ini akan membuat Anda memiliki bahan bakar yang diperlukan untuk tetap
produktif sepanjang hari.
5. Selesaikan semua tugas yang berat sebelum makan siang
Pastikan bahwa Anda selalu menyelesaikan pekerjaan paling menantang atau berat ketika
otak Anda masih segar. Sebaiknya, selesaikan semua tugas yang berat sebelum makan
siang. Hal ini sangat efektif karena setelah makan siang Anda akan merasa ngantuk atau
malas.
6. Berhenti mengerjakan banyak hal
Berhentilah mencoba untuk melakukan 10 hal sekaligus dalam satu waktu. Anda bisa
membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien dengan berfokus pada satu tugas
pada satu waktu.
Ini adalah enam kebiasaan produktif yang patut Anda tiru. Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar